Senin, 11 Desember 2017

PROFIL FAKULTAS PARIWISATA

 

Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat berdiri pada tanggal 21 April 2010 dengan lokasi kampus  melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat No. 100/KEP/II.3.AU/D/2010, dengan kampus di Bukittinggi Sumatera Barat.

 

Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah menaungi dua program studi yaitu Program Studi Perhotelan (Diploma IV) dan Program Studi Usaha Perjalanan Pariwisata (Diploma IV), dimana kedua program studi tersebut sebelumnya bernaung di bawah Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

 

Sebagai bagian dari persyarikatan Muhammadiyah, secara integral Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat mengacu pada nilai-nilai Muhammadiyah yang berdasar pada Al Qur’an dan As-sunnah, serta nilai-nilai dasar persyarikatan, yang terdiri atas: tafsir mukaddimah Anggaran Dasar, kepribadian Muhammadiyah, khittah perjuangan Muhammadiyah, matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah, serta pedoman hidup Islami warga Muhammadiyah.

 

VISI

Menjadi Fakultas Pariwisata yang mampu menghasilkan sumber daya manusia di bidang pariwisata, yang unggul dan mampu bersaing di Era Globalisasi dengan berlandaskan IMTAQ dan berwawasan IPTEK guna mendukung Pembangunan Nasional di bidang Kepariwisataan pada tahun 2025.

MISI

        Pendidikan

  1. Menyelenggarakanpendidikan pariwisatayang Islami, bermutu dan kompeten di bidangnya.
  2. Menyiapkan dan mengupayakan sumber daya manusia (tenaga dosen dan tenaga kependidikan) yang berakhlak mulia, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, terampil dan berkualifikasi minimal Strata 2.
  3. Menyiapkan kurikulum dan dan silabus tentang kepariwisataan yang berlandaskan islam
         Penelitian 
  1. Menyelenggarakan penelitian untuk kepentingan kemajuan kepariwisataan yang konvensional dan syariah dan bermanfaat bagi Prodi D-IV Perhotelan
  2. Menciptakan lingkungan kampus yang memiliki wawasan dan iklim akademik  yang kondusif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyelenggarakan seminar dan workshop kepariwisataan baik secara konvensional dan syar’i.
        Pengabadian Masyarakat
  1. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui pelatihan, penyuluhan pendampingan, penyuluhan, dan advokasi kepada masyarakat bekerjasama dengan pimpinan persyarikatan tentang dunia kepariwisataan.
  2. Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan lembaga Perguruan Tinggi yang sejenis,  industri jasa wisata serta stakeholder lainnya baik dalam maupun luar negeri dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lapangan kerja.
  3. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menjadi tanggung jawab bersama dosen dan mahasiswa dilingkungan fakultas pariwisata
  4. Pelaksanaan dan hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa fakultas pariwisata dipublikasikan melalui media massa, ekspo, jurnal, e-jurnal, seminar dan  buku.
          Kemuhammadiyahan
  1. Melaksanakan ajaran islam sesuai dengan kepribadian muhamadiyah
  2. Adanya sumber daya manusia yang mengikuti keyakinan dan cita-cita kemuhamadiyahan
  3. Adanya pemahaman bagi seluruh civitas akademika bahwa muhamadiyah adalah sebagai gerakan islam yang berwatak tajdidi, gerakan keagamaan, gerakan sosial,  gerakan kependidikan dan gerakan pengabdian bagi masyarakat.
ARTI LAMBANG 


 

Fakultas Pariwisata memiliki warna jingga (orange) yang melambangkan dinamika dan kreativitas masyarakat.

 

KAMPUS

Jl. Bukittinggi By Pass KM. 1. No.9. Aur Kuning, Bukittinggi. 26166

Tel/Fax : +62 752 34322. Email : fparumsb@yahoo.com / fparumsb@gmail.com

 

 



Info